08.42

Dasar-Dasar Ilmu Tanah (21 dari 25)

12.3 Klasifikasi Organisme Tanah

Secara umum organisme tanah diklasifikasikan menjadi dua kelompok sebagai berikut:

(1) Fauna (hewan) tanah, dan
(2) Flora (tumbuhan) tanah.


12.3.1 Fauna Tanah

Hewan atau fauna tanah diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu: (1) makro fauna, (2) meso fauna, dan (3) mikro fauna. Penjelasan lebih rinci disajikan sebagai berikut.



12.3.1.1 Makro Fauna

Makro fauna adalah semua hewan tanah yang dapat dilihat langsung dengan mata tanpa bantuan mikroskop dan berukuran lebih dari 10 mm. Makro fauna tanah terdiri dari:

(a) hewan-hewan besar pelubang tanah seperti: tikus dan kelinci,

(b) cacing tanah,

(c) Arthropoda, meliputi: Crustacea (kepiting tanah dan udang tanah), Chilopoda (kelabang), Diplopoda (kaki seribu), Arachnida (lebah, kutu, dan kalajengking) dan Insekta (belalang, jangkrik, semut, dan rayap),

(d) Moluska.

12.3.1.2 Meso Fauna

Meso fauna adalah semua hewan tanah yang berukuran lebih kecil berkisar antara 0,2 mm s/d 10 mm, sehingga dapat dilihat jelas dengan bantuan kaca pembesar. Makro fauna tanah terdiri dari: Collembola, Acari, Enchytraeida, Protura, Diplura, Paraupoda, dll.




12.3.1.3 Mikro Fauna

Mikro fauna adalah hewan tanah yang berukuran sangat kecil yaitu kurang dari 0,2 mm. Mikro fauna terdiri dari: (a) Protozoa, seperti: amoeba, flagelata, dan ciliata, dan (b) Nematoda, seperti: omnivorous dan Predaceus.

1 comments:

annove kurnia arofi mengatakan...

blog nya sangat membantu.
bisakah anda membantu dalam bahasan mesofauna beserta gambarnya karena sangat sulit mencari referensi mengenai mesofauna dibanding respirasi. terimakasih .