04.28

Organisme Tanah

Pengertian Organisme tanah
Organisme tanah atau disebut juga biota tanah merupakan semua makhluk hidup baik hewan (fauna) maupun tumbuhan (flora) yang seluruh atau sebagian dari fase hidupnya berada dalam sistem tanah.

Pengelompokan Organisme Tanah
Organisme tanah dikelompokan berdasarkan berbagai kategori, sebagai berikut:
(1) Berdasarkan peranannya, organisme tanah dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu: (a) organisme yang menguntungkan bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman, (b) organisme yang merugikan tanaman, dan (c) organisme yang tidak menguntungkan dan tidak merugikan. Contoh organisme tanah yang menguntungkan: 1. organisme tanah yang dapat menyumbangkan nitrogen ke tanah dan tanaman, yaitu: bakteri pemfiksasi nitrogen (Rhizobium, Azosphirillum, Azotobacter, dll), 2. organisme tanah yang dapat melarutkan fosfat, yaitu: bakteri pelarut fosfat (Pseudomonas) dan fungi pelarut fosfat, 3. organisme tanah yang dapat meningkatkan ketersediaan hara bagi tanaman, yaitu: cacing tanah.

1 comments:

wahid mengatakan...

mohon maaf sebelumnya
saya mau tanya
jika kita menambahkan mineral tertentu yang diberi perlakuan tertentu seperti penambahan asam fulfat buatan yang direaksikan dengan biotit misalnya pada tanah entisol-alluvial mengapa kapasitas tukar kation tanah bisa turun pada ukuran butir biotit 80 mesh, sedangkan pada ukuran 5 mesh KTK meningkat-pada ukuran 80 mesh juga terjadi peningkatan K tersedia, Na, Mg, Ca yang merupakan basa-basa tertukar.selain itu nilai pH juga meningkat padahal konsentrasi asam fulvat 0.1N, cukup masam bukan? mohon balasannya ke email saya. wahid434@gmail.com
terimakasih atas bantuannya