04.28

Organisme Tanah

Pengertian Organisme tanah
Organisme tanah atau disebut juga biota tanah merupakan semua makhluk hidup baik hewan (fauna) maupun tumbuhan (flora) yang seluruh atau sebagian dari fase hidupnya berada dalam sistem tanah.

Pengelompokan Organisme Tanah
Organisme tanah dikelompokan berdasarkan berbagai kategori, sebagai berikut:
(1) Berdasarkan peranannya, organisme tanah dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu: (a) organisme yang menguntungkan bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman, (b) organisme yang merugikan tanaman, dan (c) organisme yang tidak menguntungkan dan tidak merugikan. Contoh organisme tanah yang menguntungkan: 1. organisme tanah yang dapat menyumbangkan nitrogen ke tanah dan tanaman, yaitu: bakteri pemfiksasi nitrogen (Rhizobium, Azosphirillum, Azotobacter, dll), 2. organisme tanah yang dapat melarutkan fosfat, yaitu: bakteri pelarut fosfat (Pseudomonas) dan fungi pelarut fosfat, 3. organisme tanah yang dapat meningkatkan ketersediaan hara bagi tanaman, yaitu: cacing tanah.

2 comments:

wahid434 mengatakan...

mohon maaf sebelumnya
saya mau tanya
jika kita menambahkan mineral tertentu yang diberi perlakuan tertentu seperti penambahan asam fulfat buatan yang direaksikan dengan biotit misalnya pada tanah entisol-alluvial mengapa kapasitas tukar kation tanah bisa turun pada ukuran butir biotit 80 mesh, sedangkan pada ukuran 5 mesh KTK meningkat-pada ukuran 80 mesh juga terjadi peningkatan K tersedia, Na, Mg, Ca yang merupakan basa-basa tertukar.selain itu nilai pH juga meningkat padahal konsentrasi asam fulvat 0.1N, cukup masam bukan? mohon balasannya ke email saya. wahid434@gmail.com
terimakasih atas bantuannya

Dean christian pasaribu mengatakan...

Pemberian asam sulfat 0,1 N masih belum cukup menetral kan tanah yang mengandung aluminium yang kadar tinggi dalam tanah
sehingga tanah masih mempunyai PH tinggi asam sulfat bereaksi dengan sulfat membentuk Aluminium sulfat, sehingga Ktk masih tinggi tanah zat yang terlarut mis K Na, Mg, Cara, sesuai urutan susunan berkala, ktk meningkat sampai mencapai pH 7. Kalau terus diberikan asam sulfat sampai alumni mumpung terlarut akan merusak semua tananaman, menghambat pertumbuhan akar, batang dan pertumbuhan daun jadi sangat toxit pada tanaman, oke saudaraku.