19.11

Pupuk dan Pemupukan

Materi berikut merupakan materi yang membahas tentang Pupuk.  Materi pupuk ini meliputi: (1) pengertian pupuk dan pemupukan, (2) klasifikasi pupuk berdasarkan proses pembentukannya, (3) klasifikasi pupuk berdasarkan kandungan unsur hara, (4) klasifikasi pupuk berdasarkan susunan kimia, (5) keunggulan dan kelemahan dari pupuk buatan dibandingkan dengan pupuk alam, (6) klasifikasi pupuk berdasarkan bentuk, dan (7) klasifikasi pupuk berdasarkan hara makro dan mikro.  Materi pupuk ini disajikan dalam bentuk presentasi power point yang telah ditransformasi ke bentuk JPEG.

































2 comments:

dian june mengatakan...

Aslkm Pak doktor..terima kasih dennen artikel yang berhubungan dengan tanah.Karena saya basic nya bukan dari pertanian. Tetapi hobi saya berhubungan dengan pertanian. Yaitu menanam dengan sistem Hidroponik. Dan banyak pro kontra dengan teman dan sahabat ttg penggunaan nutrisi non organik dalam penggunaannya. Paling tidak dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan saya dan meyakinkan org lain bahwasanya semua yg diserap tanaman adl dlm bentuk ion2 yg sedemikian rupa diolah oleh tanaman. Mungkin jika tidak keberatan pak doktor dapat menjelaskan sedikit apakah memang nutrisi non organik itu aman .Terima Kasih.

Anonim mengatakan...

Maaf atas kelancangan saya dalam membalas ini, saya yang sendirinya berperan sebagai mahasiswa ilmu tanah universitas andalas
Saya akan menjawabnya sebisa saya.
Tanaman akan menyerap unsur hara bagaimanapun dalam bentuk ion-ion, didalam tanah bahan organik yang diberikan tidak akan langsung diserap oleh tanaman, bahan organik akan mengalami proses mineralisasi yang mengubah bahan organik menjadi ion-ion yang akan bisa diserap oleh tanaman.
Dalam masalah ini, anda menanam dengan mode hydroponic, bagaimana dengan proses mineralisasinya? lebih baik anda menggunakan pupuk buatan tapi dengan dosis yang tepat jangan berlebihan itulah cara yang terbaik. Maaf apabila ada kesalahan, sekian terimakasih