18.32

Bakteri Pelarut Fosfat 01

Media Spesifik Pikovskaya dan Bakteri Pelarut Fosfat (BPF)

1. Media Pikovskaya

Media Pikovskaya merupakan media spesifik yang ditemukan oleh Pikovskaya yang dapat memudahkan isolasi mikrobia pelarut fosfat (MPF) baik bakteri pelarut fosfat (BPF) maupun fungi pelarut fosfat (FPF). Media spesifik Pikovskaya menggunakan sumber fosfat dari dari bentuk fosfat tak larut berupa kalsium fosfat. Visualisasi dari media pikovskaya pada cawan petri yang medianya telah memadat adalah berwarna putih susu yang dapat dilihat pada gambar dibawah ini:



Cawan petri sebelah kanan memperlihatkan visualisasi dari warna putih susu dari media spesifik Pikovskaya. Warna putih susu yang nampak tersebut merupakan warna putih dari kalsium fosfat yang bersifat tidak larut. Butiran sangat halus kalsium fosfat dari media Pikovskaya yang menyebar secara merata pada media yang menyebabkan visualisasi media Pikovskaya menjadi berwarna putih susu dan ini merupakan ciri dari media spesifik ini. Hanya mikrobia yang dapat memanfaatkan fosfat dengan cara melarutkan kalsium fosfat tersebut yang akan dapat tumbuh dan berkembang pada media spesifik ini.


2. Bakteri Pelarut Fosfat (BPF)

Bakteri pelarut fosfat (BPF) dapat diisolasi dengan menggunakan media spesifik Pikovskaya. Bakteri yang dapat tumbuh dan berkembang pada media Pikovskaya merupakan Bakteri Pelarut Fosfat (BPF). Ciri dari terisolasinya bakteri pelarut fosfat pada media Pikovskaya adalah ditemukannya bakteri yang tumbuh pada media dengan disekitarnya berwarna bening atau terbentuk zona bening. Zona bening mencirikan bahwa bakteri tersebut mampu melarutkan fosfat dari bentuk kalsium fosfat yang digunakan dalam media Pikovskaya tersebut. Gambar diatas pada cawan petri sebelah kiri memperlihatkan tumbuhnya bakteri pada media tersebut dengan ciri adanya zona bening di dekat bakteri tersebut, maka bekteri tersebut tergolong Bakteri Pelarut Fosfat (BPF). Visualisasi lebih detil dapat dilihat pada gambar dari posting: Bakteri Pelarut Fosfat 02, Bakteri Pelarut Fosfat 03, Bakteri Pelarut Fosfat 04 dan Bakteri Pelarut Fosfat 05.

0 comments: